14 April 2011

Membuat file HTML dengan Notepad

Pada kesempatan ini Saya akan menjelaskan kepada para pemula tentang cara membuat file HTML secara sederhana sebagai langkah awal cara membuat website.
Tapi sebelum Saya mulai, bagi pemula yang sungguh-sungguh ingin belajar HTML, sebaiknya anda menggunakan HTML Text Editor sepertiNotePad atau NotePad ++ misalnya. Karena akan sangat membantu anda untuk lebih cepat menghafal Tag-tag HTML daripada menggunakan program aplikasi layout web yang menyediakan tombol-tombol untuk membuat kode HTML secara instan.
Berikut adalah cara membuat file HTML :
  1. Buka program Notepad pada komputer anda di (All programs/Accessories/Notepad).
    notepad-1
  2. Setelah itu akan muncul jendela baru seperti dibawah ini:
    notepad-2
  3. Di dalam jendela Notepad, ketikan tag-tag HTML seperti berikut ini :
    notepad-3
  4. Kemudian simpan file tersebut diatas dengan nama “index.html” didalam folder “web-ku” di “D direktori”.
  5. Buka Browser anda, pada kasus ini Saya menggunakan Browser Internet Explorer 7 dan ketikan D:\web-ku\index.html pada ” Address Bar”, lalu akan muncul halaman Web anda seperti dibawah ini :
    notepad-4
Catatan Penting :
  • Dalam mengetikan nama file HTML anda, harus menggunakan huruf kecil dan jangan menggunakan spasi.
  • Jika ada kata terpisah dalam memberi nama file, sebaiknya menggunakan tanda strip “-” atau strip bawah “_”.
  • Setiap membuat halaman Web pertama kali, simpanlah file tersebut dengan nama “index.html” selanjutnya bisa memakai nama lain sesuai keinginan anda seperti “about-me.html” atau “contact_us.html”.
  • Sebaiknya gunakan Notpad++, karena akan memudahkan anda meng Edit lebih cepat tag-tag HTML daripada Notepad biasa. (Download Notpad++ disini!)
Seperti yang sudah saya jelaskan pada awal belajar html bahwa sebaiknya anda siapkan waktu dan kesabaran untuk selalu membaca tutorial html baik di situs ini maupun pada situs lainnya.
Semoga berhasil….!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar